Home / Informasi Mahasiswa / Pengalaman Mahasiswa KKL FE Manajemen di D’Rent Bakery Yang Tak Terlupakan

Pengalaman Mahasiswa KKL FE Manajemen di D’Rent Bakery Yang Tak Terlupakan

Progam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas Muhammadiyah Ponorogo merupakan agenda rutinan yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang di ikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan manajemen akhir semester V (lima) dan mahasiswa transfer yang belum mengikuti KKL. Salah satu tempat diantara Mahasiswi yang telah mengikuti kegiatan KKL selama 1 bulan adalah di D’rent Bakery jalan Serakung No. 7 Purbosuman Ponorogo. Ini merupakan suatu perusahaan produksi berbagai macam roti dan bakery. ada banyak jenis roti yang diproduksi di tempat ini, beberapa diantaranya yaitu roti pisang cokelat, roti selai, roti sobek, roti lapis surabaya, roti semir, roti mocca, donat, tart, dan lain-lain, Kata Arlinda dan Novilia Mahasiswa KKL. Nama pemilik usaha D’Rent Bakery itu ialah Sujarwo.

Tanggal 23 januari 2017 merupakan hari pertama memulai KKL di D’rent Bakery dan Kue, sebelumnya Mahasiswa sudah di berikan pembekalan untuk kegiatan selama KKL oleh pihak Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen. Awalnya Mahasiswa yang mendapatkan tugas KKL di D’Rent Bakery ini mengalami rasa takut dan was-was, pasalnya ini pertama kalinya mereka (Arlinda dan Novilia) melaksanakan KKL di tempat Roti dan mereka belum memahami tentang cara pembuatan dan penanganan roti. Ternyata pada hari yang sama, ada  karyawati berasal dari  siswa SMKK dari ponorogo yang sedang melakukan PSG. Selama proses KKL di D’Rent Bakery mahasiswa (Arlinda dan Novilia) di ajarkan banyak hal mulai dari mengadoni bahan-bahan roti, membuat bentuk- bentuk roti, menghiasi, mengoven, mengemas roti dan lainnya. Mereka di ajari itu semua step by step oleh pemiliknya. Selain itu, siswa SMKK sesuai dengan basic keilmuannya yaitu di bidang roti dan kue sehingga mereka juga bisa mendampingi kami. Hari demi hari terlewati, mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorog yaitu Arlinda dan Novilia banyak mendapatkan kenangan yang tidak bisa lupakan selama KKL. Salah satunya ialah ketika kami mencoba membuat bentuk adonan yang terlihat mudah dan ternyata sulit, kami saja gagal-gagal terus, tetapi lama- kelamaan kami pun sudah bisa melakukannya, Kata Arlinda dan Novilia

Ada beberapa program kerja yang dilakukan oleh mahasiswi KKL di D’Rent Bakery milik Pak Sujarwo. Program kerja tersebut ialah pembuatan catalog harga dan memperbaiki album foto roti. Alhamdulillah program yang di rumuskan terlaksana sesuai dengan diharapkan oleh mahasiswi KKL dan pemilik Usaha D’Rent Bakery. Tak terasa satu bulan pun terlewati, tepatnya tanggal 20 Februari 2017 menjadi hari terakhir kami melaksanakan KKL. Sedih rasanya berpisah dengan keluarga baru di D’rent Bakery dan Kue. Disana kami selalu bercerita, bercanda tawa, makan- makan, berbagi ilmu dan pengalaman yang baru kami dapat di D’rent Bakery dan kue. Pengalaman yang mengesankan yaitu Perpisahan dengan orang- orang di sana yang akan terkenang selalu dan membuat terharu hingga tidak bisa mengeluarkan kata hanya bisa mngucapkan kata terimakasih atas pengalaman dan bimbingan selama KKL disana, Kata Arlinda dan Novilia. (LO)

Check Also

Charity of Humanity oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan

Mensyukuri atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada HMJ EP yang telah berusia satu …