Home / Informasi Fakultas / Peningkatan Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah Dosen Fakultas Ekonomi

Peningkatan Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah Dosen Fakultas Ekonomi

Pengembangan dan peningkatan kualitas dosen di bidang karya ilmiah dari waktu ke waktu mengalami trend positif. Artinya dosen bukan hanya sekedar untuk memberikan transformasi ilmu kepada mahasiswa di dalam proses pembelajaran di kelas. Akan tetapi, dosen juga sangat dituntut untuk selalu memberikan kontribusi ilmu pengetahuan secara terus menerus dan Up to Date. Hal ini di dukung juga dengan aturan baru dari Kemenristekdikti yang dikenal dengan Konsep ARJUNA bagi setiap dosen di Indonesia. Salah satu bentuk penciptaan kualitas nilai itu adalah melalui publikasi karya ilmiah di jurnal-jurnal baik yang sudah terindek DOAJ, Google Scholar maupun Jurnal Terakreditasi serta Scopus.

MADIC (Management Dynamics Conference) dan FPJM (Forum Pengelola Jurnal Manajemen) telah mengadakan kegiatan Workskhop  Penulisan artikel Jurnal International dan Call for Paper mengenai isu-isu riset terkini manajemen dengan mendatangkan Pemateri yang handal yaitu Irwan Trinugroho (FEB UNS) dan Purwanto (FEB UGM), dimana mereka memiliki reputasi yang sangat luar biasa baik di kancah Nasional maupun International. Khoiruddin, menjelaskan kegiatan ini merupakan sebuah wujud tanggung jawab para pengelola Jurnal untuk saling berbagi tentang isu-isu terkini mengenai karya ilmiah sehingga para pengelola jurnal dan dosen bisa menyikapi fenomena yang terjadi secara dinamis sehingga bisa memberikan solusi atas apa yang terjadi di masyarakat maupun dunia akademik. Selain itu, kegiatan ini memberikan efek positif bagi pengelola jurnal untuk bisa saling Sharing Journal dengan memanfaatkan Network Forum Pengelola Jurnal Manajemen (FPJM) se-Indonesia, Tegas Khoiruddin.

La Ode, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan 25 Universitas dan 62 Pengelola Jurnal se-Indonesia yang memiliki reputasi junal yang terindeks DOAJ termasuk Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Kegiatan ini sangatlah Great dan terus dilakukan secara sustanaible, karena forum ini memberikan akses yang luar biasa dimana para pengelola jurnal bisa saling membantu satu sama lain. Hal ini bisa kita lihat dari program kerja yang telah disepakati bersama oleh seluruh Pengelola Jurnal yang telah bergabung di FPJM se-Indonesia, seperti Workshop OJS bagi pengelola Jurnal yang belum ter-OJS, pengembangan kualitas Jurnal dan lain-lain. Untuk ke depan, para pengurus dan anggota harus lebih menciptkan ruang diskusi secara intens sehingga bisa melahirkan konsep dan gagasan yang strategis agar kualitas jurnal dan karya ilmiah yang dihasillkan menjadi Great Quality, Imbuh La Ode. (LO)

Check Also

Implementasi Kurikulum Pendidikan Vokasi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Dalam rangka memantapkan implementasi capaian pembelajaran dalam kurikulum vokasi akuntansi, maka pada tanggal 14 dan …