Home / Informasi Mahasiswa / Zahratul : Mahasiswa Ekonomi Asal Palembang, Berdakwah hingga Mendapat Hibah Riset Baznas

Zahratul : Mahasiswa Ekonomi Asal Palembang, Berdakwah hingga Mendapat Hibah Riset Baznas

Ponorogo-Fakultas Ekonomi, Zahratul Mawadah Arlianti, S.E, mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UMPO yang baru saja lulus April 2018 lalu, lahir dari Desa Air Gading Kecamatan Muara Padang Banyuasin Palembang. Selama menjadi mahasiswa, dia aktif di kegiatan non akademik Hizbul Wathan salah satu Ortom Muhammadiyah. Selain itu juga menjadi Musryrifah di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Manar yang dibawah naungan BP3DI. Zahratul berhasil mendapat dana hibah penelitian nasional Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Jakarta. Badan Amil Zakat Nasional memberikan bantuan dana riset untuk mahasiswa yang sedang menyusun atau menerbitkan skripsi/ tesis/ disertasi bertema zakat yang di ikuti oleh Seluruh mahasiswa se- Indonesia dan hanya untuk 150 peneliti saja pada Tahun 2017.

Hasil penelitiannya sendiri, diketahui bahwa semakin baik pengendalian intern disetiap badan dan lembaga amil zakat akan mendorong peningkatan akuntabilitas publik, tingkat kecurangan dapat diminimalisir dan transparansi akuntabilitas publik dapat dilakukan dengan baik. Dan akuntabilitas publik tidak seluruhnya ditentukan oleh budaya organisasi, tetapi ada faktor lain yang berpengaruh langsung, misalnya sistem dan prosedur. Hal ini ditunjukkan dengan meskipun gaji atau honor yang diterima belum sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan serta fasilitas kantor yang beberapa lembaga belum memadai, itu tidak mempengaruhi pelaporan akuntabilitas publik pengelola amil zakat.

Dwiati Marsiwi, S.E., M.Si. Ak. CA, selaku dosen pembimbing menjelaskan, telah memberikan pendampingan dan bimbingan kepada mahasiswa yang mengikuti program ini. Beliau juga mengatakan penelitiann memerlukan waktu yang cukup lama dan riset yang mendalam. Penilitian ini juga berhasil lolos seleksi nasional. Pihaknya mengaku puas dan akan meningkatkan prestasi para mahasiswanya. Beliau berharap prestasi tersebut mampu menjadi langkah awal untuk terus berkarya. Selain itu juga dapat menginspirasi mahasiswa UMPO lainnya untuk berprestasi mengharumkan nama Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Sementara Ketua Prodi Akuntansi S1 sekaligus dosen Pembimbing Khusnatul Zulfa Wafirotin, S.E., M.Si., Ak. CA, menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang berhasil diraih oleh salah satu mahasiswanya dalam program bantuan dana riset penelitian BAZNAS Tahun 2017. Dan selalu mendukung mahasiswa untuk terus berprestasi dibidang akademik maupun non akademik. Keberhasilan yang diraih Zahra ini nantinya akan diharapkan mampu menginspirasi mahasiswa UMPO lainnya.

Kontributor : Zahratul Mawadah Arlianti

Editor : Rochmat Aldy Purnomo

Check Also

Gerakan Ayo Sekolah dari Para Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Ponorogo-Fakultas Ekonomi, pada tanggal 14 Juli 2018, HMJ-Manajemen telah merealisasikan salah satu Program kerja di …