Home / Informasi Fakultas / Gerakan Ayo Sekolah dari Para Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Gerakan Ayo Sekolah dari Para Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Ponorogo-Fakultas Ekonomi, pada tanggal 14 Juli 2018, HMJ-Manajemen telah merealisasikan salah satu Program kerja di bidang kekeluargaan yaitu Bakti Sosial. Bakti sosial dilaksanakan di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Bakti sosial kali ini dinilai unik dan kreatif karena bekerjasama dengan perangkat desa tersebut. Dimana, kerjasama tersebut sekaligus dalam rangka merealisasikan program desa Sidoharjo yaitu Ayo Sekolah yang ke IV.

Tujuan dari Gerakan Ayo Sekolah adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan semangat sekolah anak-anak di desa tersebut. Yang mana pentingnya pendidikan terutama untuk tingkat SMP ke SMA sangat minim, hanya 50% lulusan SMP yang melanjutkan ke tingkat SMA. Tutur Pak Parnu selaku Kepala Desa Sidoharjo.
Kehadiran dan niat HMJ-Manajemen disambut baik oleh beliau dan jajarannya, beliau mengatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Ponorogo merupakan universitas pertama di Ponorogo yang ikut berkontribusi dalam masyarakat Ds. Sidoharjo.
Konsep dari kegiatan kurang lebih seperti perlombaan 17 agustusan namun lebih kepada mengasah jiwa kompetisi dalam bidang presentasi. Peserta perlombaan terdiri dari PAUD, TK, SD, SMP & SMA dimana setiap tingkatan terdapat perlombaan yang berbeda.

Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 lomba mewarnai dan menggambar oleh anak-anak PAUD dan TK sekaligus jalan santai yang diikuti anak SD sampai SMA dari sekolah masing-masing menuju Balai Desa Sidoharjo lokasi lomba. Setelah itu dilanjut pemberian doorprize diselingi performance dari masing-masing sekolah. HMJ- M menyiapkan badut dan spot foto. Kegiatan tersebut selesai waktu dhuhur dan dimulai lagi pukul 2 sore.
Kontribusi HMJ-M di desa tersebut selain membantu panitia juga mengadakan kegiatan Education Caring untuk adik-adik TK disana, yang dimulai pukul 2 sore. Kegiatan tersebut diawali dengan ice breaking dilanjutkan mendongeng dan membaca buku-buku cerita bergambar yang mana juga diselingi pembagian doorprize yang menumbuhkan antusias adik-adik. Kegiatan tersebut selesai pukul 16.00 WIB dengan pembagian bingkusan jajan dan celengan.


Malamnya, kegiatan dilanjutkan pembagian hadiah lomba-lomba pagi tadi. Untuk HMJ-M menyumbang 2 set piala dan juga hadiah lainnya. Dilanjutkan sambutan dari kepala Desa. ” Program Desa GAS (Gerakan Ayo Sekolah) yang sudah berjalan 4 kali ini telah berdampak positif, terbukti dari data yang ada, setidaknya 100% anak mengenyam pendidikan sampai SMP, untuk kedepannya semoga 100% anak desa Sidoharjo bisa lulus SMA, dan untuk seterusnya bisa masuk di bangku Universitas. Harapan kami desa Desa Sidoharjo akan semakin maju dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan masyarakat”, sedikit dari pemaparan isi sambutan beliau.

Kontributor : Rizky Nur Laili

Editor : Rochmat Aldy Purnomo

Check Also

Kunjungan Industri bersama KSEI Score-U dan HMJ Manajemen

Ponorogo-Pada hari Jum’at, 16 November 2018, anggota Komunitas Studi Ekonomi Islam (KSEI) Score-U bersama beberapa …