Home / Informasi Fakultas / Diskusi Rutin Dosen : Membahas Metode Penelitian

Diskusi Rutin Dosen : Membahas Metode Penelitian

Ponorogo-Fakultas Ekonomi mengadakan kegiatan diskusi rutin dosen pada tanggal 9 bulan November 2018 dengan tema diskusi mengenai penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan narasumber Heri Wijayanto dan Slamet Santoso.

Dalam penjabarannya Heri Wijayanto menjelaskan bahwa dosen harus memahami, bahwa indikator yang digunakan dalam mengukur variabel yang akan digunakan, telah sesuai atau belum, dapat dilakukan tes sederhana menggunakan tes definisi dan kausalitas, dimana item pertanyaan dari indikator tersebut harus memperoleh jawaban “tidak”, saat dilakukan uji definisi dan memperoleh jawaban “ya” ketika di uji kausalitas.

Terkait diskusi penelitian kualitatif, Slamet Santoso, dalam penjabarannya menjelaskan bahwa penelitian kualitatif berbeda dengan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian kuantitatif, kualitas item nya dapat di ukur kedalam angka sedangkan dalam penelitian kualitatif, kualitas pengukurannya tidak selalu dapat dilakukan dalam angka.

Dengan adanya kegiatan rutin ini, diharapkan dapat menambah pemahaman dosen terkait metode penelitian.

Kontributor : Adi Santoso

Editor : Rochmat Aldy Purnomo

Check Also

Suksesnya Workshop Jurnal Ekuilibrium Fakultas Ekonomi

Ponorogo-Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan juga potensi penulisan artikel ilmiah di lingkungan Fakultas Ekonomi. Jumat …