Home / Informasi Mahasiswa / Kunjungan Industri bersama KSEI Score-U dan HMJ Manajemen

Kunjungan Industri bersama KSEI Score-U dan HMJ Manajemen

Ponorogo-Pada hari Jum’at, 16 November 2018, anggota Komunitas Studi Ekonomi Islam (KSEI) Score-U bersama beberapa anggota HMJ Manajemen melakukan kunjungan industri ke Hasby Collection yang terletak di daerah Mlarak, Ponorogo.

Hasby Collection merupakan sebuah perusahaan pembuat pakaian atau bisa disebut dengan istilah garment.
Sesampainya di kantor Hasby Collection, rombongan disambut oleh Mas Hasby, pemegang kendali perusahaan Hasby Collection. Selama dua jam, tim Score-U dan teman-teman memperoleh pengarahan dan briefing terkait bisnis tanpa riba dan sejarah Hasby Collection mulai dari awal pendirian perusahaan, cerita tentang jatuh bangunnya perusahaan, hingga motivasi-motivasi tentang bisnis.
Setelah mendapat wejangan dari pemilik perusahaan, rombongan dipersilahkan untuk meninjau lokasi pabrik yang berada di belakang kantor. Rombongan diberi pengarahan dan penjelasan tentang tugas masing-masing pekerja, mulai dari bagian cutting yang bertugas untuk memotong dan mengukur kain sesuai pesanan, bagian sablon yang bertugas untuk menyablon kaos, bagian sewing yang bertugas untuk menjahit pakaian, bagian ironing yang bertugas menyetrika pakaian yang telah dijahit, dan bagian packaging yang bertugas untuk memasukkan pakaian yang sudah jadi ke dalam plastik dan mengepaknya dengan rapi.

Setelah itu rombongan juga ditunjukkan ruangan khusus pembordiran. Ruangan itu terpisah dari ruangan yang lain, serta selalu tertutup karena terdapat pendingin di dalamnya. “Karena mesinnya harus selalu berada dalam suhu dingin, karena jika tidak mesinnya akan panas dan itu bisa merusak sensor mesin bordir,” ucap Mas Hasby pada rombongan kemarin.

Kunjungan bertepatan dengan hari Jumat, acara berakhir pukul 11.30 WIB dan kaum lelaki yang berada di rombongan kami diajak melaksanakan sholat Jumat di Masjid Pondok Gontor, sedangkan kaum wanita melaksanakan shalat Dzuhur di musholla kantor Hasby.

Kontributor : Brenda Fabiola Rosa

Editor : Rochmat Aldy Purnomo

Check Also

Menumbuhkan Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa melalui Lokalate Business Competition

Ponorogo-3 November 2019, Fakultas Ekonomi mengadakan kuliah tamu dengan tema “Menumbuhkan Inovasi dan kreativitas Mahasiswa …