Home / Informasi Fakultas / Tim Ekonomi menjadi Juara pada Ajang Debat Internasional

Tim Ekonomi menjadi Juara pada Ajang Debat Internasional

Tim debat bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang beranggotakan Muhammad Ismail Sunni dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Enggar Budi Saputro Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP, berkat doa dan usaha yang masif berhasil memperoleh Juara satu pada lomba Debat Ekonomi Bahasa Inggris Internasional yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor Ponorogo.

Acara ini merupakan bagian dari rentetan lomba FEMFEST UNIDA 2.0 dengan tema “Fostering Islamic Economic within Digitalization to Increase Nation’s Welfare” yang dimulai dari tanggal 18 hingga 20 Februari 2019.
Untuk lomba Debat Ekonomi Bahasa Inggris tingkat mahasiswa internasional dimulai dengan babak penyisihan berupa penyeleksian esai berbahasa Inggris yang dikirimkan jauh hari sebelum deadline pendaftaran.

Dengan esai berjudul “The Challenges and The Solutions to Preserve Islamic Economic Survivability within Digitalization Era”, tim debat UMPO berhasil lolos dan menyingkirkan esai puluhan pendaftar lain , dan langsung mengikuti babak semifinal pada hari Senin, 18 Februari 2019. Ketujuh tim debat lain yang lolos seleksi adalah tim debat Institut KH Abdul Halim (IKHAS Surabaya), tim debat Universitas Islam Sharif Ali Brunei Darussalam, dua tim debat UNIDA Putra, dan tiga tim debat UNIDA Putri.

Debat Ekonomi ini menggunakan sistem British dengan mengadu 4 tim yang beranggotakan masing-masing 2 pembicara dalam satu babak. Babak semifinal kedua dilaksanakan Selasa, 19 Februari 2019, diikuti langsung dengan babak final di sore harinya. Babak final berlangsung sengit dengan diskusi tentang Implementasi Penyatuan Mata Uang di Wilayah ASEAN.

Pengumuman lomba disertakan dalam Penutupan Acara sekaligus Seminar Nasional dengan tema “The Role of Millenials Generation to Preserve Islamic Business in the Disruptive Era”. “Semoga prestasi ini mampu memompa mahasiswa UMPO lainnya terkhusus mahasiswa FE untuk lebih kreatif, Percaya diri, dan kompetitif. Amin,” ujar Muhammad Sunni, salah satu anggota tim.

Kontributor : Brenda Fabiola Rosa

Editor : Rochmat Aldy Purnomo

Check Also

Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi sukses gelar workshop #2 “NgoPi”-Ngobrol Pintar Penulisan Artikel Ilmiah

Ponorogo – Jum’at (15/2/2019) Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi sukses gelar workshop #2 “NgoPi”-Ngobrol …