Home / Informasi Umum / Gelar Pelatihan Manajemen Usaha Hasil Ternak dan Penyuluhan Kesehatan Hewan Ternak

Gelar Pelatihan Manajemen Usaha Hasil Ternak dan Penyuluhan Kesehatan Hewan Ternak

Ponorogo-23 Agustus 2020, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang terdiri dari Adi Santoso dan Siti Chamidah mengadakan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dan penyuluhan mengenai ternak hewan di Desa Gupolo, Kec. babadan, Kab. Ponorogo.

Pengabdian ini dilaksanan dengan tujuan memberikan pelatihan manajemen usaha kepada para peternak agak dapat memaksimalkan hasil ternak mereka sehingga memberikan dampak yang positif terhadap tingkat penghasilan peternak. Adi Santoso, M.M., selaku pemateri 1 menjelaskan, peternak saat ini berusaha di berikan pemahaman agar menjadikan hewan ternak bukan sebatas peliharaan tetapi juga sebagai sarana berbisnis sehingga dapat menjadi solusi alternatif dalam mendapatkan penambahan finansial.

“Hewan ternak saat ini telah mengalami transisi dari pemahaman peternak yg menjadikan hewan ternak sebatas hewan peliharaan namun saat ini hewan ternak telah ditransisikan sebagai sebuah peluang bisnis yang dapat mendapatkan keuntungan finansial bukan sebatas hewan ternak yang dipelihara”, tegasnya.

Para peternak juga menghadapi masalah terkait perawatan dan kesehatan hewan ternak, beberapa penyakit yang menyerang hewan ternak, seperti penyakit susu kambing yang mengeras diakibatkan bakteri yang menyerang hewan ternak kambing yang baru melahirkan dan penyakit kembung bagi hewan ternak kelinci.

Bapak dr. Fauzi selaku pemateri 2, mengungkapkan salah satu cara pencegahan hewan ternak adalah menjaga kebersihan kandang agar hewan ternak tidak mudah terserang bakteri selain itu bagi hewan ternak yang terserang bakteri di atas dengan sistem penyuntikan agar obat dapat bekerja secara maksimal dalam membunuh bakteri.

Kontributor : Adi Santoso

Editor : Rochmat Aldy Purnomo

Check Also

Ekonomi Pembangunan raih Hibah Program Studi Menerapkan Kerjasama Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka 2020

Ponorogo-Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo dipercaya sebagai penerima hibah, Berdasarkan Surat …