Home / Informasi Umum / Ekonomi Pembangunan raih Hibah Program Studi Menerapkan Kerjasama Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka 2020

Ekonomi Pembangunan raih Hibah Program Studi Menerapkan Kerjasama Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka 2020

Ponorogo-Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo dipercaya sebagai penerima hibah, Berdasarkan Surat Keputusan Kemdikud Nomor : 2087/E2/BP/2020 tentang Pengumuman Penerima Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Program Studi Sarjana Ekonomi Pembangunan telah terakreditasi B dari BAN-PT berdasarkan SK Nomor 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015. Prodi Ekonomi Pembangunan tidak hanya menyiapkan calon lulusan untuk menjadi ekonom bidang keuangan, industri, perbankan, dan pembangunan daerah. Lebih dari itu, Program Studi Ekonomi Pembangunan menyiapkan sarjana pendidikan yang dapat terjun langsung di masyarakat memberikan pelayanan dan pendampingan kepada masyarakat baik dalam bidang ekonomi makro maupun ekonomi mikro.

Pada pelaksanaan hibah Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka tahun 2020 ini, Prodi Ekonomi Pembangunan akan melaksanakan aktivitas sebagai berikut: (1) Penyusunan kebijakan Merdeka Belajar di kampus, (2) Penyusunan pedoman implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, (3) Perubahan kurikulum di Prodi Ekonomi Pembangunan, (4) Penyusunan prosedur operasional bagi mahasiswa untuk mengambil SKS di luar program studi selama tiga semester baik di luar program studi dalam perguruan tinggi atau pembelajaran di luar program studi.

Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Ponorogo mengajukan anggaran Rp. 60.000.000 (enam puluh juta rupiah) yang dilaksanakan selama 4 bulan. Adapun luaran yang akan diperoleh dari kegiatan ini adalah disahkan dan diimplementasikannya Peraturan akademik Kampus Merdeka serta Kurikulum Merdeka Belajar dengan muatan materi pembelajaran, proses pembelajaran, evaluasi/asesment, dan sistem penjaminan mutu oleh Rektor, serta disusunnya prosedur operasional bagi mahasiswa untuk mengambil SKS di luar program studi selama tiga semester baik di luar program studi dalam perguruan tinggi atau pembelajaran di luar program studi.

Pelaksanaan Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka tahun 2020 ini mempunyai indikator keberhasilan program yang jelas, yaitu: (1) Diterbitkannya peraturan akademik, kurikulum dan penjaminan mutu yang telah disesuaikan dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada tahun 2020 oleh Rektor, (2) Diimplementasikannya peraturan akademik, kurikulum dan penjaminan mutu yang telah disesuaikan dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada pembelajaran tahun akademik 2021/2022, (3) Selesainya Rencana Pembelajaran Semester (RPS) setiap mata kuliah di Prodi Ekonomi Pembangunan yang sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar, (4) Diterbitkannya prosedur operasional pengambilan SKS di luar prodi oleh Rektor dan (5) Terjalinnya kerjasama dengan mitra baik dengan perguruan tinggi nasional atau internasional, industri, satuan pendidikan, pemerintah desa, atau dengan kelompok organisasi lainnya yang ditunjukkan dalam bentuk naskah kerjasama.

Kontributor : Rochmat Aldy Purnomo

Check Also

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Dekan Fakultas Ekonomi Periode 2020-2024