Home / Akuntansi Diploma

Akuntansi Diploma

Program Studi Diploma III Akuntansi merupakan rumpun pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Program studi Akuntansi (D3) berdiri pada tahun 1993 sesuai dengan SK dari DIKTI No. 124/DIKTI/Kep/1993. Keberadaan Program Studi D3 Akuntansi kemudian diperkuat dengan surat keputusan perpanjangan ijin penyelenggaraan prodi yang dikeluarkan DIKTI yaitu Surat Keputusan  DIKTI No.3589/D/T/2003, SK DIKTI No.675/D/T/2007, dan perpanjangan ijin terakhir sesuai SK DIKTI No. 5284/D/T/K-VII/2011.

Dalam hal pencapaian kepercayaan Program Studi di masyarakat, Program Studi D3 Akuntansi  mengajukan borang akreditasi Program Studi.  Pada tahun 2012 telah mengajukan borang akreditasi yang ketiga kali. Dengan meningkatkanya kepercayaan publik, maka tahun 2015 Program Studi D3 Akuntansi memberanikan diri untuk mengajukan kembali borang. Harapan yang diinginkan adalah memperoleh peringkat akreditasi yang lebih baik.

Visi, misi dan tujuan program studi  D3 akuntansi telah dirumuskan bersama dengan berorientasi pada visi, misi dan tujuan Universitas. Visi, Misi dan Tujuan program studi dikembangkan setelah melakukan te1ah dari berbagai aspek, diantaranya adalah sosiologis dan normatif. Berdasarkan hal tersebut diselenggarakanlah Program Studi Akuntansi D3  yang kurikulum dan evaluasi belajarya mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Program Studi D3 Akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo menyadari bahwa perumusan visi dan misi yang tepat sangat menentukan tahapan-tahapan lain dalam program studi, karena visi merupakan landasan utama penyelenggaraan program studi. Oleh sebab itu Program Studi Akuntansi dengan memperhatikan visi, misi dan tujuan Univerversitas Muhammadiyah Ponorogo, berusaha menyusun visi misi yang realistis, dengan memperhatikan kebutuhan pasar, dunia kerja dan perkembangan ilmu dan teknologi. Penyelenggaraan program studi akuntansi mengacu pada visi, misi dan tujuan seperti diuraikan di bawah ini:

 

Visi Program Studi D3 Akuntansi :

“ Menjadi program studi yang unggul, kompetitif, secara praktis di bidang akuntansi di wilayah Jawa Timur yang memiliki jiwa kemandirian yang Islami pada tahun 2036”

 

Misi Program Studi D3 Akuntansi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis soft skill agar menghasilkan lulusan yang terampil dan kompeten dalam penyusunan laporan keuangan entitas ekonomi.
  2. Menyelenggarakan penelitian secara konsisten dalam rangka mengembangkan ilmu akuntansi yang mendukung sistem pembelajaran  yang berkualitas dan berdaya saing.
  3. Melaksanakan program pengabdian masyarakat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang akuntansi yang mampu memberikan manfaat bagi kemandirian masyarakat.

Tujuan Program Studi D3 Akuntansi :

  1. Menjadi Program studi Diploma 3 Akuntansi yang memiliki daya saing di wilayah Jawa Timur.
  2. Menghasilkan lulusan yang terampil dan berkompeten dalam menyusun laporan keuangan entitas ekonomi.
  3. Menghasilkan lulusan yang  memiliki ketrampilan profesional di bidang akuntansi dengan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi.
  4. Mencetak lulusan yang mampu berusaha secara mandiri dengan menggunakan bekal ilmu akuntansi.
  5. Menghasilkan penelitian di bidang akuntansi yang berwawasan kemandirian.
  6. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang akuntansi yang berkualitas dengan jiwa kewirausahaan.