Home / Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan

Program studi Ekonomi Pembangunan berdiri pada tahun 1984 sesuai dengan SK Menteri Pendidikan                   Dan Kebudayaan No. 0572/0/1984 tanggal 22 Nopember 1984 tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Jurusan-jurusan Di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Di Ponorogo. Selanjutnya berdasarkan SK dari Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 0813/0/1986 tanggal 19 Nopember 1986 tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Fakultas/Jurusan/Program Studi, Program Studi Ekonomi Pembangunan bernaung di bawah Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Visi, misi dan tujuan program studi Ekonomi Pembangunan  telah dirumuskan bersama dengan berorientasi pada visi, misi, dan tujuan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Visi, Misi dan Tujuan program studi dikembangkan setelah melakukan telaah dari berbagai aspek diantaranya adalah sosiologis dan normatif. Berdasarkan hal tersebut diselenggarakanlah Program Studi Sarjana Ekonomi Pembangunan dengan menerapkan kurikulum serta evaluasi belajar dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Visi

Menjadi program studi yang unggul di wilayah Jawa Timur pada tahun 2030 dalam pengembangan ilmu ekonomi pembangunan berbasis jiwa wirausaha dan nilai-nilai Islami.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas guna menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang ilmu ekonomi pembangunan didukung oleh jiwa wirausaha dan nilai-nilai Islam.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu ekonomi, industri, keuangan perbankan seta perencanaan pembangunan, baik yang bersifat penelitian dasar maupun terapan.
  3. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun jaringan kelembagaan yang berwawasan keilmuan dan keahlian dalam lingkup regional maupun nasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang ilmu ekonomi, perencanaan pembangunan, keuangan perbankan dan industri  yang didukung oleh jiwa wirausaha dan nilai-nilai Islam.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengenali, menganalisis dan memberikan pemecahan masalah ekonomi, perencanaan pembangunan, keuangan perbankan dan industri
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu berpartisipasi, berkomunikasi dan mendayagunakan Teknologi Informasi dalam penerapan ilmu ekonomi, perencanaan pembangunan, keuangan perbankan dan industri  di masyarakat
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara profesional, mandiri, kreatif dan inovatif, serta tanggap terhadap perubahan lingkungan dan sosial

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN

Profil lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan
PLO – 1 Perencana, Pengelola dan Pelaksana Lembaga Keuangan Bank Dan  Non Bank
PLO – 2 Perencana, Pengelola dan Pelaksana Kebijakan publik
PLO – 3 Wirausahawan