Pelaksanaan Program Adijaya (Kilas Balik Kegiatan PPK Ormawa Kopma Surya Kencana)

Tim PPK Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Surya Kencana Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPo) menggelar Program Adijaya di Balai Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo (Kamis, 19 Oktober 2023). Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang dari kelompok sasaran program yang terdiri dari pengurus BUMDes dan UMKM Desa Pager. Selain itu program akuakultur juga di hadiri oleh pembina serta seluruh anggota tim PPK Ormawa.
Ketua tim, Davyra Djajaatmadja mengatakan “Program Adijaya merupakan upaya yang dilakukan tim PPK Ormawa untuk memberikan energi semangat kepada para UMKM di Desa Pager hal ini dilakukan dengan memberikan kesempatan dan mewadahi para UMKM yang ingin mendaftarkan NIB usahanya tanpa pemungutan biaya”, Ia berharap program ini dapat menjadi langkah awal kelompok sasaran untuk dapat mengoptimalkan usahanya sehingga dapat tercipta wirausaha hebat dikemudian hari.
Pada pelaksanaannya untuk mendukung program pendaftaran NIB gratis ini, kami juga menawarkan pemahaman tambahan bagi para UMKM yaitu berupa seminar Digital Marketing. Melihat situasi di pedesaan tim PPK ORMAWA tak lantas diam saja, namun mengambil langkah pasti untuk kemudian memberikan dukungan kemajuan perekonomian berupa pendampingan NIB yang diisi langsung dari Dinas Perdagkum Kabupaten Ponorogo dan dilengkapi adanya seminar Digital Marketing yang diisi oleh Bapak Dr. Adi Santoso, MM salah seorang tenaga pendidik yang memiliki keahlian dan pemahaman mendalam tentang digital marketing.

Pada saat pelaksanaan program kelompok sasaran sangat antusias. “Dulu saya sempat meragukan akan adanya pendampingan dari tim, namun sekarang kami telah merasakan dampak nyata hasilnya tim PPK ORMAWA KOPMA ditengah Masyarakat. Terimakasih telah membantuk kamu menyelesaikan masalah kami utamanya cara iklan dan penjualan di sosial media serta pendaftar NIB gratis ini”, ujar salah seorang pemilik UMKM.
Setelah penyampaian materi berakhir Tim PPK Ormawa, Pemateri dan Kelompok Sasaran secara langsung melakukan pengumpulan data yang diperlukan dalam pendaftaran NIB. Beberapa Pemilik UMKM yang telah melengkapi data dan seluruh berkas langsung mendapatkan Berkas NIB ditempat. Namun bagi yang belum lengkap dari tim mengambil kebijakan untuk diberikan kesempatan hingga penghujung waktu berakhir PPK ORMAWA yaitu sebelum tanggal 2 November 2023.

Reporter: Ika Febi Puspitasari

Tinggalkan Balasan