Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint (Kilas Balik Kegiatan PPK Ormawa Kopma Surya Kencana)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) Surya Kencana Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) Jawa Timur, menggelar Program Ekonomi Wastra Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint dengan beberapa tahap rinci seusai takaran pelatihan. Kegiatan pembuatan batik Ecoprint ini dilaksanakan di Balai Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo (Selasa, 10 Oktober 2023). Kegiatan ini diikuti sebanyak 15 orang dari kelompok sasaran PKK dan karang taruna Desa Pager, Kecamatan Bungkal, kabupaten Ponorogo. Dalam pelaksanaan program pelatihan pembuatan Batik ini dibimbing langsung dari Pak Bambang seorang penggiat wastra Ecoprint.

Kepala Desa Pager, Setyarini mengatakan “Harapannya PKK dan Karang Taruna dapat mengambil peluang ini sebagai ladang untuk belajar hal baru sehingga kemudian dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Apalagi penggunaan bahan yang mudah ditemukan bisa mendasari pentingnya mengadopsi Peluang usaha Batik Ecoprint sebagai inovasi dari Desa Pager”.
Dalam pelaksanaan program ini mendapatkan respon positif dari kelompok sasaran karena hal yang baru bagi mereka untuk mengolah daun menjadi suatu hal yang bernilai jual tinggi di sekitar wisata sendang bulus Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo.
Ketua Tim, Davyra Djajaadmadja mengatakan “Adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan baru mengenai pembuatan batik bagi warga desa pager yang dimana wilayahnya cenderung rimbun akan pepohonan dan dedaunan, sehingga bahan utamanya pun memudah didapatkan. Tentunya akan bernilai jual lebih tinggi bilamana kemudian diberi inovasi berupa ciri khas bulus di dalam produk sehingga kelompok sasaran dapat membuat peluang usaha baru”.
Begitu pula harapan dari anggota PPK Ormawa semoga adanya program ekonomi Wastra, pelatihan pembuatan batik Ecoprint dengan output lebaran kain batik cantik karya kelompok sasaran mampu menjadikan ciri khas wisata sendang bulus Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo.

Reporter: Ika Febi Puspitasari

Tinggalkan Balasan