Profil Program Studi D-3 Akuntansi

Program Studi D-III Akuntansi merupakan rumpun ilmu pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Program Studi D-III Akuntansi berdiri pada tahun 1993 sesuai dengan SK DIKTI No 124/DIKTI/Kep/1993. Dalam hal pencapaian kepercayaan Program Studi di masyarakat, Prodi D-III Akuntansi mengajukan borang akreditasi Program Studi. Pada tahun 2017 Akreditasi yang diperoleh Prodi D-III Akuntansi dengan nilai “B” sesuai dengan SK BAN PT No. 0054/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/I/2017. Dan selanjutnya tahun 2022 melalui SK BAN-PT No. 13739/ SK/ BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/XII/2021memperoleh nilai akreditasi B. Program studi D-III akuntansi bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan agar terdapat link and match antara dunia kerja dengan dunia pendidikan. Kami melakukan kerjasama dengan LSP Tehnisi Akuntansi guna mempersiapkan mahasiswa untuk melakukan uji kompetensi dengan SKEMA SERTIFIKASI TEHNISI AKUNTANSI PRATAMA (LEVEL 3) yaitu Klaster Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP dilanjut dengan Klaster Pengoperasian Aplikasi Akuntansi Berbasis Komputer sehingga mahasiswa memiliki sertifikat pendamping ijasah.

Program studi ini memiliki kurikulum berbasis kompetensi, dengan melakukan adopsi atas Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai dengan peraturan presiden Nomor 08 tahun 2012, yang dirancang sesuai dengan kebutuhan praktek akuntansi di dunia usaha sehingga lulusannya dapat bekerja sebagai tenaga-tenaga menengah di bidang akuntansi yang mempunyai pengetahuan dan kemampuan:

  1. Menyiapkan laporan keuangan
  2. Menghitung dan menyiapkan laporan SPT Pajak orang pribadi dan badan (dimulai dengan tergabung dalam Relawan Pajak bekerjasama dengan KPP Pratama Ponorogo)
  3. Mengoperasikan software/aplikasi akuntansi dan keuangan yang terintegrasi
  4. Melaksanakan pemeriksaan akuntansi dan pelaporan hasil audit
  5. Para lulusan dapat bekerja pada sektor bisnis keuangan dan perbankan maupun sektor bisnis lainnya

Semua mata kuliah akuntansi pada program studi ini didukung dengan laboratorium akuntansi dengan tujuan agar mahasiswa memiliki keterampilan dan keahlian sehingga siap dan mampu mengaplikasikannya di dunia kerja. Selain itu kegiatan rutin yang dilakukan program studi D-III Akuntansi bekerjasama dengan HIMAAKSI berupa kunjungan industri, seminar, pelatihan, studi banding, workshop. Kegiatan tersebut diharapkan menambah wawasan dan cara pandang mahasiswa tentang perkembangan keilmuan. Disamping itu, pada semester akhir studinya, mahasiswa wajib mengikuti tugas akhir berupa PKN (Praktek Kerja Nyata) yang setara dengan 4 (empat) sks. PKN dilaksanakan dengan cara magang pada perusahaan atau kantor akuntan publik selama satu atau dua bulan. Mahasiswa dapat menentukan sendiri perusahaan atau kantor akuntan publik, UMKM sesuai dengan yang diinginkan atau ditentukan oleh kampus.

Visi Keilmuan Prodi:
Mengembangkan disiplin ilmu pengetahuan dan keterampilan dibidang akuntansi sektor UMKM dibawah supervisi akuntan yang berlandaskan nilai nilai Islam bercirikan kemandirian dan kewirausahaan.

Kurikulum Program Studi

Program Studi Diploma 3 Akuntansi menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI (Kerangka Kerja Nasional Indonesia). Berdasarkan level KKNI lulusan Diploma 3 berada pada level 5 dengan learning outcome.
Profil Lulusan Program Studi D3 Akuntansi adalah.

  1. Teknisi Akuntansi Madya
    Teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan jasa, dagang, dan/atau manufaktur yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan (SAK) yang berlaku melalui pencatatan dan pemilihan metode akuntansi yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, dan komunikasi.
  2. Teknisi Akuntansi Pemeriksaan Madya (Junior Auditor)
    Teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang audit pada perusahaan jasa, dagang, dan/atau manufaktur yang sesuai dengan standar profesional akuntan publik (SPAP) didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Teknisi Perpajakan Madya
    Teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang perpajakan pada perusahaan jasa, dagang, dan/atau manufaktur yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Teknisi Akuntansi Sektor Publik Madya
    Teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada sektor publik yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, dan komunikasi.
  5. Teknisi Akuntansi Perbankan Madya
    Teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada sektor perbankan yang sesuai dengan standar dan pedoman akuntansi perbankan yang berlaku, serta didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, dan komunikasi.
    Profesi/Bidang Pekerjaan.
  6. Accounting Officer/Staff Akuntansi;
  7. Tax Officer/Staff pajak
  8. Account Officer (A/R, A/P, dll)/ Staff Akun tertentu;
  9. Budgeting Officer/Staff Anggaran;
  10. Asisten/Junior Auditor/Anggota pemeriksa (Teknis).