Profil FE-UMPo

Visi FE-UMPo

Visi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo (FE-UMPo) dirumuskan berdasarkan pada realitas bahwa Fakultas konomi merupakan lembaga pendidikan tinggi dan sekaligus amal usaha Muhammadiyah berfungsi sebagai sarana gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Visi  FE-UMPo yang telah disahkan adalah “Menjadi Fakultas Unggul, Terpercaya, dan Berdaya Saing Internasional di bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis berlandaskan nilai-nilai Islami yang bercirikan Kemandirian dan Kewirausahaan pada tahun 2040” (Hasil Rapat Senat FE-UMPo 30 September 2022)

Visi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo, disusun dengan mengacu pada Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Universitas. Visi FE-UMPo merupakan kristalisasi yang disusun oleh Senat Fakultas sebagai representasi perwakilan dari, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi dan perwakilan dosen di lingkungan FE-UMPo. Penyusunan visi, misi dan tujuan juga memperhatikan masukan dari mahasiswa, alumni, masyarakat dan organisasi Muhammadiyah serta pengguna alumni melalui forum-forum yang diselenggarakan di tingkat Program Studi dan Fakultas.

Kata kunci dari rumusan visi tersebut adalah unggul dan Islami. Unggul artinya memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang lain dan berusaha untuk menjadi yang terbaik, baik pada aspek input, proses, maupun hasil. Keunggulan FE-UMPo akan dibangun melalui penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni secara bertahap hingga 2040. Keunggulan tersebut tercermin dengan adanya kemandirian dan kewirausahaan.

Kata kunci yang selanjutnya adalah Islami. Islami artinya seluruh pola pikir, pola sikap, dan pola tindak seluruh sivitas akademika Fakultas ekonomi Unmuh Ponorogo berlandaskan pada nilai dan norma Islam. Dalam kaitan ini, Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo berupaya secara terus-menerus untuk membangun sikap perilaku, kepribadian, kultur yang Islami agar menjadi pelopor peradaban Islam. Upaya itu dilakukan karena FE-UMPo sebagai bagian dari gerakan Persyarikatan Muhammadiyah berkomitmen mengembangkan, mengimplementasikan,   dan mengaktualisasikan nilai-nilai Islami dalam rangka dakwah amar makruf  nahi munkar sebagai landasan membangun tradisi keilmuan (building scientifictradition).

Kata kunci dari rumusan visi tersebut adalah Unggul dan Islami. Unggul artinya memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang lain dan berusaha untuk menjadi yang terbaik, baik pada aspek input, proses, maupun hasil.  Secara rinci, tahapan tersebut akan diuraikan pada milestone atau tonggak-tonggak capaian. Kata kunci yang selanjutnya adalah Islami. Islami artinya seluruh pola pikir, pola sikap, dan pola tindak seluruh sivitas akademika UMPo berlandaskan pada nilai dan norma Islam. Dalam kaitan ini, UMPo berupaya secara terus-menerus untuk membangun sikap, perilaku, kepribadian, kultur Islami agar menjadi pelopor peradaban Islam. Upaya itu dilakukan karena UMPo sebagai bagian dari gerakan Persyarikatan Muhammadiyah berkomitmen mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengaktualisasikan nilai-nilai Islami dalam rangka dakwah amar makruf nahi munkar sebagai landasan membangun tradisi keilmuan (building scientific tradition).

Misi FE-UMPo

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu ekonomi dan bisnis yang berwawasan global dengan dukungan teknologi informasi dan berlandaskan pada nilai-nilai Islami.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis yang berdasarkan nilai-nilai Islami dan berwawasan global untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis yang berdasarkan nilai-nilai Islami dan berwawasan global untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Tujuan FE-UMPo

  1. Menguasai, mengamalkan, dan mengembangkan ilmu ekonomi dan bisnis berdasarkan nilai-nilai Islami, berwawasan global, dan sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman.
  2. Memperkokoh iman dan taqwa, mengembangkan akhlaqul karimah dan memupuk keikhlasan dalam melaksanakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar.
  3. Mengembangkan kehidupan masyarakat akademik yang komprehensif dan integratif berdasarkan nilai-nilai Islami dengan menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, kujujuran, kesungguhan, inovatif, produktif, terbuka dan tanggap terhadap perubahan.
  4. Menghasilkan lulusan yang memahami dan menguasai ilmu ekonomi dan bisnis berlandaskan nilai-nilai Islami, berwawasan global, menguasai teknologi informasi, berkarakter profesional, kreatif, inovatif, bertanggung jawab dan mandiri.
  5. Menghasilkan penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian yang bersifat terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan IPTEK serta masalah-masalah kemasyarakatan yang terkait dalam bidang ekonomi dan bisnis.
  6. Mewujudkan tata kelola kelembagaan yang berkualitas untuk menjamin keberlanjutan Fakultas Ekonomi di masa datang.
  7. Mewujudkan akademisi dan praktisi muslim yang berakhlaqul karimah, cakap dan mandiri sabagai kader persyarikatan, bangsa dan umat.
  8. Menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam rangka mewujudkan Fakultas Ekonomi sebagai pusat kajian dan pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis berbasis teknologi dan