Sejarah FE-UMPo

Lahirnya Fakultas Ekonomi secara embrional tidak terlepas dari sejarah perjalanan berdirinya Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Ponorogo. UNMUH berdiri sejak tahun 1968 yang diawali dengan berdirinya Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Muhammadiyah Ponorogo yang berinduk ke Surakarta. Kemudian, berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 86 tanggal 15 Agustus 1978, jurusan tersebut mendapatkan statusdiakui.

Berdirinya Fakultas Ekonomi diawali dengan didirikannya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi pada Tahun Akademik 1982/1983 dengan jurusan Manajemen Perusahaan. Yang kemudian tahun 1984 diikuti dengan penambahan jurusan baru Program Studi Ekonomi Pembangunan. Pada tahun 1984, kedua program studi dilingkungan Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi secara bersamaan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0572/O/1984 tentang Pemberian Status Terdaftar kepada Jurusan di lingkungan STIE Muhammadiyah Ponorogo

Dengan keluarnya ketentuan passing out bagi fakultas-fakultas cabang, tokoh-tokoh Muhammadiyah Daerah Ponorogo didukung segenap eksponen pendidikan yang ada merintis berdirinya Unmuh Ponorogo secara mandiri dengan menambah fakultas baru, Fakultas Teknik. Hal ini dapat terealisir pada tahun 1986 dengan turunnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia Nomor 0813/O/1986 tanggal 19 November 1986 yang mengesahkan berdirinya Unmuh Ponorogo dengan lima fakultas dan tujuh jurusan. Masing-masing adalah (1) Fakultas Tarbiyah dengan Jurusan Pendidikan Agama Islam (S-1); (2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (S-1); (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Jurusan Pendidikan PMP & KN (S-1) dan Pendidikan Matematika (S-1); (4) Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Manajemen (S-1) dan Jurusan IESP (S-1); dan (5) Fakultas Teknik dengan Jurusan Teknik Mesin (S-1).

Dan selanjutnya melihat perkembangan segmen pasar yang ada maka pada tahun 1993 Fakultas Ekonomi menambah satu jurusan baru yaitu Jurusan Akuntansi (D-3) dengan status terdaftar, sesuai dengan SK Dirjen DIKTI nomor : 124/DIKTI/Kep/1993. Yang diikuti pada tahun 1996 dibuka Jurusan Keuangan Perbankan (D-3) , namun sayangnya pendirian jurusan baru tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan, sehingga diputuskan jurusan Keuangan Perbankan ditutup. Namun hal ini tidak mengurangi semangat para pengelola Fakultas, dengan didukung oleh pimpinan Universitas, pada tahun 2007 berusaha membuka jurusan baru jurusan Akuntansi (S1) yang tertera dalam Surat izin Penyelenggaraan dengan nomor; 932/D/T/2007.

Dengan adanya perubahan kebijakan DIKTI, dari pemberian status sebuah jurusan digantikan dengan akreditasi, maka dari sejumlah Prodi yang ada di Universitas Muhammadiyah Ponorogo mendapatkan status terakreditasi dari BAN PT. Sampai saat ini keempat program studi di Fakultas Ekonomi, yaitu Program Studi Manajemen, Akuntansi (D-3 dan S-1), dan Program Studi Ekonomi Pembangunan memperoleh Akreditasi B dari BAN-PT.